Minggu, 23 Desember 2012

cara mengatasi perasaan Galau

anda galau ??  Galau bisa melanda siapa saja. Perasaan galau benar – benar tidak mengenakkan bagi orang yang mengalaminya. Galau bisa disebabkan oleh beraneka sebab seperti galau cinta, galau karena teman dan galau galau yang lain. Galau memang membuat perasaan kita benar – benar gak enak. Bahkan galau bisa membuat hati dan pikiran kita menjadi tidak jelas. Bahkan makan tak enak tidur tak nyenyak pun bisa dialami oleh orang yang sedang galau.

Galau

Galau kebanyakan disebabkan oleh perasaan kita yang sedang memikirkan sesuatu yang tidak jelas dimana hal ini bisa menyebabkan perasaan dan pikiran kita menjadi kacau balau. Jika dulu ada pepatah lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, mungkin dikarenakan galau bisa menjadi lebih baik sakit gigi daripada galau. Walau percayalah teman, sakit gigi benar – benar sakit lho T_T.

Biasanya galau kebanyakan melanda orang yang sedang mengalami masalah asmara, contohnya tidak dapat melupakan mantan pacar, habis putus cinta dengan sang kekasih dimana hal – hal ini membuat sakit dan patah hati. Walaupun begitu, selain asmara juga ada masalah – masalah kehidupan ini yang dapat membuat seseorang menjadi galau.

Walau apapun alasan dan masalahnya, perasaan galau benar – benar tidak mengenakkan. Jika kita galau, mau berbuat apapun koq entah mengapa menjadi malas rasanya. Tapi teman, bukankah pepatah bilang life is must go on. Hidup itu selalu berjalan. Kita tidak akan pernah bisa mencegah sang waktu supaya tidak berjalan. Walau apapun yang terjadi, tahun 2013 akan tetap datang walau apapun masalah kita. Tidak mungkin kita berkata, wahai tahun 2013, jangan datang dulu please.. nanti aja kalau sudah beres semua ya masalahnya. Itu hal yang mustahil teman. Hidup merupakan pilihan. Namun ingatlah, hidup merupakan perjalanan satu arah, dimana kita tidak mungkin dapat memutar kembali untuk dapat mengulangi jalan kita. Jadi teman, sampai kapan kita akan galau terus ?



Berikut cara mengatasi galau dan menghilangkan galau :

  • Berdoa dan Beribadah serta mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dekat dengan sang pencipta akan membuat hati kita menjadi tenang sehingga perasaan galau bisa digantikan oleh perasaan yang tenang. 
  • Jangan larut dalam kesedihan dan hal – hal yang bisa membuat kita bertambah sedih. Misalnya mendengarkan lagu sedih, melihat film sedih dan sejenisnya. Hal ini hanya akan memperburuk keadaan dan pikiran kita. 
  • Mencobalah untuk berpikir positive. Positive thinking akan merubah cara pandang kita, sehingga kita dapat mengambil hikmat akan apa yang terjadi sehingga dapat memperkecil perasaan kita yang salah yang dapat menyebabkan kegalauan. 
  • Pergi ke tempat ramai. Inti dari hal ini adalah jangan biarkan anda larut dalam kesepian dimana kesepian dan kesendirian hanya membuat anda menjadi tambah galau. 
  • Bermain games. Mainkanlah game yang anda suka.sperti game online sehingga anda dapat bermain dengan online dengan orang lain. Intinya adalah mainkanlah game yang anda suka dan nikmati. Jangan malah bermain game yang membuat anda pusing dan merasa jengkel sehingga bukan hiburan yang anda dapat, namun malah galau yang kembali melanda anda. 
  • Melihat acara atau film – film comedy yang lucu – lucu. Hal ini membuat supaya hati kita menjadi terhibur dan tidak galau.
  • Makan cokelat. Cokelat mempunyai bahan alami yang dapat membuat perasaan kita menjadi tenang dan merasa nyaman. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa cokelat dapat membantu mengurangi rasa sedih hingga 60% dalam waktu 15 menit.
  • Curhat dengan sahabat , saudara , keluarga, atau orang dimana kita nyaman dengannya. Kadang, dengan bercerita dan mencurahkan isi hati, walau mungkin masalah anda belum selesai, namun setidaknya hati anda sudah lebih lega.
  • Bermain internet , chatting dan kegiatan online lainnya. Biasanya orang yang sudah online kadang bisa melupakan waktu saking asyiknya online. Kita bisa bertemu orang lain dalam dunia maya lewat jejaring social seperti FB dan twitter , bisa chatting dengan orang lain dengan menggunakan aneka applikasi chatting seperti yahoo messenger, whatsapp, wechat, skype atau mungkin hal lain yang intinya adalah menyenangkan hati kita.
  • Music atau bisa juga karaoke. Sekali lagi intinya adalah menyenangkan hati kita supaya tidak galau. Namun ingat, jangan menyanyikan lagu sedih yang malah membuat tambah galau ya.


  • Tidur. Walau kadang galau menyebabkan kita susah tidur, namun cobalah untuk menenangkan pikiran sejenak dan tidur. Setidaknya dengan tidur kita bisa sedikit melupakan masalah dan galau yang melanda kita. Jangan tidur dengan pikiran yang buruk. Jika tidur terus mimpi buruk hanya malah menambah rasa galau kita. Sekali lagi, berpikirlah positive teman. 
  • Mencari pasangan hidup. Apalagi jika kegalauan anda dikarenakan jodoh yang belum kunjung tiba. Namun ingat, cari jodoh bisa menjadi bak pedang bermata dua. Jika anda bisa menemukan jodoh dan happy ending, galau pun hilang, namun jika cari jodoh malah sulit bahkan ditolak kanan – kiri , malah hanya galau yang anda dapat. Be smart, teman :) 

Demikian beberapa cara untuk mengatasi galau dan menghilangkan galau. Intinya adalah buatlah hati anda senang dan tenang. Hati gembira merupakan obat yang sangat manjur untuk mengatasi galau. Okey teman, semoga bermanfaat dan dapat membantu mengatasi dan menghilangkan galau anda.

4 comments: