Selasa, 25 Desember 2012

Tips Cara Merawat Gitar

Gitar adalah alat musik yang banyak diminati oleh banyak orang, tidak hanya untuk orang dewasa, bahkan anak-anak kecil pun sekarang sudah banyak yang tertarik dengan alat musik yang satu ini. Selain termasuk alat musik yang bisa dibilang 'keren', Gitar juga mudah untuk dipelajari dan memiliki suara yang tidak kalah bagus dari Piano.

Tapi, banyak orang yang memiliki gitar malah mengabaikan kondisi gitarnya sendiri. Kadang gitar bisa terlihat kotor, lusuh dan jelek padahal masih memiliki suara yang bagus, itu karena pemiliknya kurang memperhatikan kondisi gitarnya. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa gitar yang penting suaranya saja, padahal penampilannya juga tidak kalah penting dari suaranya. Pasti akan lebih bagus memiliki gitar yang terawat dan memiliki suara yang bagus pula.

Untuk itu, berikut ini saya akan coba memberikan beberapa tips untuk merawat gitar.

Pertama, diusahakan agar memiliki Case atau yang lebih dikenal banyak orang dengan tas gitar (berarti Soft Case). Nah, fungsinya adalah untuk melindungi gitar agar tidak mudah kotor dari debu yang ada di ruangan.

Kedua, hanya disimpan di dalam case saja tidak cukup. Cobalah secara berkala untuk membersihkan gitar tersebut dengan mengelapnya dengan lap biasa agar kebersihannya lebih terjaga.

Ketiga, bersihkan senar. senar bukan hanya untuk mengeluarkan bunyi pada gitar saja, tapi senar juga berperan penting dalam penampilan gitar. biasanya senar yang kotor akan mudah berkarat. bersihkan saja senar dengan cara mengelapnya.

Keempat, kendorkan senar. apabila gitar sedang tidak dimainkan dalam waktu yang lumayan lama, ada baiknya senar dikendorkan agar necknya tidak melengkung.

Kelima, bersihkan fretboard. sembari senar di kendorkan ada baiknya juga untuk sekalian dibersihkan fretboard gitarnya, agar tidak ada kotoran/debu yang menempel.

Keenam, Ganti senar. gantilah senar apabila senar yang lama sudah mulai terlihat karat, karena jika senar berkarat bisa merusak kesehatan yang memainkannya juga.

Sekian tips dari saya untuk merawat gitar. mungkin tidak terlalu banyak, tapi semoga bisa membantu temen-temen yang baca.


TTD
Hacker imutt !!

0 comments:

Posting Komentar